Tantangan #1

Sebenarnya ini terjadi sebelum tahun baru, tanggal tepatnya saya lupa. Namun, saya masih ingat kejadiannya. Pada hari itu, saya dan Maya berencana untuk memasak sayur bayam. Menurut dia, aku harus berlatih memakan sayuran untuk menjaga stamina sebelum tes medical check up untuk syarat masuk perusahaan M.

Maya bertanya sayur apa yang paling saya suka. Saya jawab, “Bayam.” Lalu, pergilah kami ke Pasar Palmerah.

Namun, saya tidak bisa ikut memasak karena ada panggilan mendadak dari user freelance.

Sekitar 5 jam saya meninggalkan maya dan masakan kami. Ternyata semua masakan telah dirampungkannya, termasuk bayam punyaku. Otomatis, kami langsung menyantap makanan tersebut.

Hari itu saya hanya makan memakai sayur bayam. Sebuah rekor baru, karena saya sangat jarang makan nasi hanya berlauk sayur. Menurut saya, sayur itu rasanya aneh!

Saat itu, nasi putih yang masih hangat tenggelam di antara kuah dan sayur bayam di mangkok. Harum baunya. Saat memakannya, tiba-tiba saya merasa seperti bermimpi….

???????

Ada apakah gerangan?

Hmmm…. bagaimana menjelaskannya ya? Sulit, rasanya aneh. Yang paling kentara, rasa sayur yang saya makan tadi sangat sangat sangat sangat MANIS!!!!

Kemudian saya bertanya kepada Maya. “May, kok rasanya manis ya? Tadi kamu beri gula berapa?” (sebagai pengganti penyedap rasa, kami menggunakan gula).

“TIGA SENDOK..,” kata dia lempeng. HAAAAAAH!!!! TIGA SENDOK?????

“Di daerahku, Solo, sayur bayam memang manis seperti itu,” jelasnya.

“Serius nih?”

Apakah benar? Sampai saat ini saya masih penasaran lho.Sejak saat itu, setiap akan memasak, kami berdiskusi terlebih dahulu untuk menyamakan persepsi. Ternyata ada sejumlah masakan dengan nama sama, tetapi berbeda bumbu dan cara memasak lho. Padahal Solo dan Kudus, sama-sama di Jawa Tengah kan?

Published in: on January 10, 2010 at 8:42 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://itatitanus.wordpress.com/2010/01/10/tantangan-1/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

